Rabu, 12 Januari 2011

KIM SO EUN Menyukai Musik Melankolis!

Banyak yang bilang satu gambar mampu mewakili ribuan kata, namun suara seseorang terkadang memiliki kekuatan lebih dari yang pernah dibayangkan. Karena itulah Kim So Eun berdiri tegak diantara para gadis. Suara rendahnya yang kontras dengan paras wajahnya yang riang membuatnya terlihat bak aktris dengan sikap santun yang memiliki tekad bulat.

YANG lebih menonjol dari keteguhan di wajah kecilnya atau airmata yang membasahi pipinya adalah gaung dan kedalaman suaranya dalam serial KBS The Iron Empress dan Boys Before Flowers, juga dalam He Who Can’t Marry dan Good Days When the Wind Blows, lagi-lagi suaranya tidak bisa dilupakan begitu saja.
Itulah sebabnya cukup menyenangkan mendengarnya berkata, “Kurasa saya jadi lebih suka pada lagu-lagu ketika sedang jatuh cinta pada suara penyanyinya. Saya tidak melihat dia penyanyi tenar atau tidak.” Dan syukurlah dia selalu bersentuhan dengan musik setiap harinya, So Eun bukanlah orang yang terpaku untuk mencari jenis musik tertentu, tapi dia mengembangkan pendengarannya untuk segera mengetahui suara yang familiar.
“Ayahku suka mengoleksi piringan, jadi di rumah kami selalu ada musik. Saya seringkali dimarahi beliau karena menggunakannya untuk mainan dengan melemparnya seperti bumerang saat masih kecil, tapi akhirnya saya jadi mendengarkan lagu-lagu favoritnya bersamanya,” kenang So Eun. Dan seperti halnya sang ayah, So Eun senang mendengarkan musik saat dia membutuhkan pelipur lara. Dia merekomendasikan lagu-lagu yang menurutnya bagus.

1. BROWN EYED SOUL – SOUL FREE
“Saat sedang down, saya tidak berusaha menghibur diri sendiri. Saat down, kurasa sebaiknya kalian membiarkan emosimu menabrak dasar yang keras, akan membuatmu merasa lebih baik setelahnya. Karena itulah saya lebih sering mendengarkan lagu-lagu melankolis,” sarannya. Musik yang didengarkan So Eun bergantung pada kondisi mood-nya, daripada musik yang bisa terlalu mempengaruhi mentalnya. Dia lebih sering mendengarkan musik balada yang sunyi saat sendirian.
Diantara musik-musik itu, So Eun mengungkapkan rasa dukanya dengan mendengarkan album Brown Eyes Soul dikarenakan melodinya yang elegan dan harmoninya yang menawan. Hal itu membantu menenangkan diri dan mampu menyelami emosinya sendiri.
“Menakjubkan bagaimana berbagai suara yang berbeda menciptakan sebuah lagu. Saya seorang aktor jadi saya pun berpikir banyak tentang bagaimana menciptakan suatu chemistry yang bagus dengan aktor lainnya. Saya berharap akan segera bisa merasakan sensasi perasaan yang menggetarkan dari penciptaan adegan yang bisa terlihat sesempurna sebuah gambar.”

2. JEONG YEOP – NOTHING BETTER
Tidak diragukan lagi, adalah suatu anugerah bisa menyaksikan elemen-elemen berbeda menciptakan sebuah bentuk. Namun betapa pun harmonis keseluruhannya, ada sebuah poin yang menonjol. Bagi Kim So Eun, vokal Jeong Yeop adalah poin itu. “Tentu saya menyukai suara Na Ul. Tapi saya sangat terkesima mendengarkan Nothing Better milik Jeong Yeop. Saya merinding. Bagaimana seseorang menghadirkan emosinya dengan begitu sempurna melalui sebuah lagu? Ada energi tertentu yang muncul darinya, seolah dia sedang menampilkan sebuah akting dalam adegan emosional. Tapi itu adalah yang sangat sulit, hingga tidak bisa saya nyanyikan. Saya hanya menggumam ketika mendengarkan lagu itu, tapi saya tidak bisa membiarkan orang lain mendengarkanku.”

3. WHITNEY HOUSTON – I LOOK TO YOU
“Saya banyak mendengar tentang The Bodyguard, tapi sebenarnya saya tidak pernah menontonnya dari awal hingga akhir. Saya masih bayi ketika filmnya rilis. (tertawa) Tapi tentu saja saya tahu sekali lagu temanya.” Film The Bodyguard dirilis tahun 1992. Mustahil bagi Kim So Eun yang lahir tahun 1989 mengingat masa kejayaan karir Whitney Houston. Tapi musiknya masih menyentuh hati dan karena itulah mengapa Whitney menjadi legenda. Dan itu pulalah yang membuat So Eun menyukai I Will Always Love You seperti dia menyukai I Look to You yang dirilisnya saat comeback ke panggung musik.
“Saya dengar dia mengadakan konser di Korea beberapa waktu lalu. Saya hanya mendengarnya di internet karena saya sedang mengerjakan sebuah serial, tapi kudengar kemampuan menyanyinya tidak seperti sebelumnya. Jadi saya merasa kasihan padanya. Tapi dia tetap memiliki suara yang memikat saat saya mendengarkan lagunya.”

4. YOZOH – TRAVELER
Tidak mungkin seorang wanita muda yang baru memasuki usia 20 tahun, mengalami depresi sepanjang waktu. Di musim semi, So Eun mengatakan jantungnya mulai berdegup kencang. “Kalian tahu ada waktu-waktu tertentu dimana jika cuacanya bagus, suasana hatimu juga akan cerah. Lagu ini cocok untuk hari seperti itu,” tukasnya merekomendasikan lagu Egugugu milik Yozoh.
So Eun bahkan menggunakan lagu itu sebagai musik latar mini homapage miliknya di akun Cyworld. “Saya suka musik Yozoh karena tidak begitu rumit saat didengarkan dan memiliki getaran yang berbeda dari musik-musik biasanya yang kita dengarkan di televisi. Saya juga suka suaranya yang seolah dia sedang bicara dan berakhir dengan senandung sepanjang lagu karena liriknya begitu manis.”

5. CRYING NUT – THE COW ON OK FARM
Kim So Eun juga akan meningkatkan level emosi kebahagiaannya. Karena itu saat dia sedang gembira, dia akan menikmati perasaan itu sepenuhnya dengan menyanyikan lagu Crying Nut. “Musik mereka enak didengar, tapi saya menyukainya lebih karena lagunya membuatmu merasakan suasana hati yang bahagia saat kau menyanyikannya di karaoke. Saya suka Speed Up Losers, tapi belakangan ini saya juga cukup sering menyanyikan Luxemburg. Lebih dari semuanya, kurasa sangat menyenangkan jika semua orang bisa bergabung dan menyanyi bersama dengan gembira. Mudah juga untuk menyanyi bersama dan kau tidak akan merasa bosan satu sama lain. Kurasa kesederhanaan terkadang menjadi jawabannya.”


( Indeks artikel Kim So Eun: ASIANstar edisi 67 dan 70 )
via: asiangrup.com

~cantiknya onnie ku yg satu ini *.* imut pulaa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar