Rabu, 02 Februari 2011

Perpecahan yang terjadi di TVXQ sama dengan HOT di masa lalu! (Read It)

Artikel ini memank sudah lama, diambil dari majalah TIME ASIA 29 juli 2002 . Meskipun begitu, artikel ini setidaknya bisa memperjelas dan sedikit mngetahui tentang kasus yang JYJ saat ini.
Judulnya : Show Me money?? Apakah artis korea dibayar sepadan?

Saat mereka sedang dipuncak popularitas, anggota boy band Korea HOT mulai mencurigai ketenaran emas mereka adalah sampah. Mereka telah menandatangani kontrak dengan rumah produksi SM Entertainment dimana mereka hanya menerima 1 dari royalti tiap penjualan 1 cd sedangkan grup lain menerima 17.
Aritmatika mengungkapkan kebenaran : setiap kali salah satu album mereka mencapai penjualan 1 juta-kopi, masing-masing anggota HOT hanya menerima pembayaran sebesar US $10.000. Coba Bandingkan dengan diva pop Mariah Carey awal tahun ini telah dibayarkan $ 28.000.000 dengan musik label EMI untuk merekam empat album.
Setelah musim semi terakhir, negosiasi ulang mereka pendiri SM Entertainment Lee So Man itu sia2. karena itulah tiga dari lima anggota HOT memisahkan diri dari perusahaan (lalu mereka bertiga membentuk JTL), dimana mereka secara tidak langsung membunuh band tersebut dan menghancurkan jutaan hati penggemar remaja.
Mantan member HOT Tony An  mengatakan “Kami akan mengeluh bahwa kami tidak pernah memiliki cukup uang,” Dan Lee Su Man berkata: ‘ Saya bahkan membayar untuk bensin Anda, apa yang Anda keluhkan‘”
Minggu depannya, Korea Fair Trade Commission diharapkan untuk merilis hasil penyelidikan tiga bulan ini ttg kemungkinan kolusi dgn rumah-rumah produksi terbesar di industri musik, yang diduga praktiknya membatasi persaingan dan menjaga harga CD yang terlalu tinggi. “Kami ingin kompetisi yang bebas dan adil,” kata Lee Dong Kyu, juru bicara dengan badan pengawas pemerintah. “Kami ingin konsumen untuk dapat menikmati musik berkualitas tinggi dengan harga rendah.
Tapi bagian lain dari komisi memeriksa tuduhan bahwa penyanyi muda yang naif, bersedia membuat kesepakatan kontrak supaya cepat terkenal, hingga mereka terikat dgn “kontrak budak” yang memperkaya manajer mereka. Masalah pertama yg mendapat perhatian pada tahun 1999 ketika tindakan tiga-adik yang disebut Hans Band menggugat perusahaan produksi, Yedang Entertainment, yang mengklaim kontrak itu sangat tidak adil apalagi  mrk hanya dibayar $15.000 yang merupakan sebagian kecil dari itu dianggap utang-setelah sukses dua album.
Beberapa laporan mengatakan bintang-bintang populer menerima pembayaran kesejahteraan untuk memenuhi kebutuhan slama trainee. Setelah cocok dan kesepakatan, Yedang setuju untuk memotong dua tahun dari kontrak band menjadi lima tahun.
Industri eksekutif melawan sistem, di mana penyanyi muda mendpatkan training dengan perusahaan produksi sebelum debut. Perusahaan membayar tagihan untuk pelatihan musik dan tari, untuk mobil, kostum, manajer dan biaya lainnya. Produsen memperkirakan biayanya sekitar $ 400.000 untuk meluncurkan idola baru. Sampai pengeluaran tenggelam ke dalam karir pemula telah diamortisasi, produsen enggan untuk memotong mereka bagian yang lebih besar dari kue.
Nama besar Korea dan bakat besar tidak seimbang dengan kesejahteraannya, tentu saja yang menjadi perangkap adalah dari gaya hidup bintang pop yg mewah. Tapi bagi tony ahn ada sebuah kata kebencian nya thdp mantan majikan, SM Entertainment yaitu  sakit bahwa dia diperlakukan seperti komoditi daripada sebagai pribadi manusia. Jika Lee telah bersedia untuk mengatasi masalah kontrak mereka, “kami mungkin tidak akan meninggalkan,” Sebuah kata yg sedih. “Ini lebih tentang sentuhan manusia daripada uang.”

Hmm…. No Comment!!

laporan oleh wartawan Kim Yeoshin/Seoul
cre: JYJfiles
transindo ; akflovers.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar