Sabtu, 05 Februari 2011

Gonta-Ganti Personil [part 1-girlband]



Untuk postingan kali ini, gw mau bahas tentang girlband yang pernah atau sering gonta-ganti personil. Sebenarnya ada banyak banget Girlband yang pernah mengalami bongkar pasang member. Tapi cuma beberapa ajah yang gw mau bahas. Lets check this out…!!!
Setiap kali sebuah Girlband akan debut, pasti mereka sudah dipersiapkan secara matang dan dengan formasi yang tetap pula. Tapi, dalam perjalanan karier girlband tersebut, tidak jarang banyak rintangan atau masalah yang mereka hadapi untuk bisa mencapai kesuksesan. Contohnya adalah gonta ganti personil. Banyak alasan yang bisa melatar belakangi kenapa sebuah grup sering mengalami hal ini. Ada member yang merasa tidak lagi cocok untuk meneruskan karier bersama di grupnya, adalah pula yang keluar dengan alasan pribadi misalnya karena kesehatan atau karena ingin fokus pada pendidikan.
Setiap member yang keluar kemungkinan besar akan digantikan oleh member baru. Tapi masalah tidak berakhir seperti itu saja karena dengan masuknya member baru pasti dia harus beradaptasi dengan member yang lama dan begitu pula dengan sebaliknya. Tidak hanya itu, member yang baru pun harus beradaptasi dan harus memberikan kesan yang bagus kepada para fans agar ia bisa diterima secara penuh.
1. Wonder Girls
Wonder Girls dengan formasi pada saat mereka debut adalah Lima orang dengan personil: Sunye (leader), Ye Eun, So Hee, Sun Mi dan Hyun A. Mereka debut dengan lagu Irony.
Namun sayangnya pada saat mereka tengah merampungkan album pertama ‘the Wonder Years’ Hyun A terpaksa keluar dari Wonder Girls karena masalah kesehatan. Posisi Rapper yang kosong sepeninggal hyuna akhirnya digantikan oleh Yubin seorang trainer yang berasal dari Good Entertaiment.
Dengan Wonder Girls Formasi baru, mereka jadi daebak banget karena lagu ‘Tell Me’ yang jadi Hits di tahun 2007. Semua orang korea pada saat itu terkena demam Tell Me, parodynya juga sering banget ditirukan oleh orang-orang termasuk para aris korea juga. Selain itu, mereka juga laris manis jadi bintang iklan.
Gak pengen dikenal sebagai grup yang one hit wonder, maka di pertengahan 2008 mereka merilis mini album dengan lagu andalan ‘So Hot’ dan juga merilis lagu ‘nobody’ di mini album ketiganya.
Selama tahun 2009 Wonder girls disibukkan dengan invasi musik ke Amerika. Mereka lumayan sukses disana, selain merilis lagu Nobody ver English yang berhasil masuk BilBoard Amerika, mereka juga jadi Girlband pembuka tur The jonas Brother.
Tapi Sayangnya, di awal januari 2010, seluruh kpop lovers dikejutkan dengan pernyataan resmi JYPent (manajemen Wonder Girls) bahwa Sun mi akan keluar dari Wonder Girls karena dia ingin fokus pada pendidikannya.
Dan dia bakal di gantikan oleh trainer JYP asal cina Hye Lim.
Let see apakah dengan hye lim, Wonder girls formasi baru akan tetap mendulang sukses yang sama seperti sebelumnya.
2. KARA
Kara adalah girlband yang seangkatan dengan Wonder Girls. Kedua girlband ini sama-sama debut di tahun 2007. Kara formasi awal adalah dengan 4 orang personil yaitu: Park Gyuri, Nicole, Han SeungYeon dan Kim SungHee. Mereka merilis album pertama dengan lagu andalan ‘Break It’.
Saat tengah berjuang meraih popularitas, Kara harus ditinggal oleh personilnya kim Sung Hee karena ia ingin Fokus pada pendidikannya.
Kemudian pada saat comeback dengan single ‘Rock U’ Kara ketambahan 2 member baru yaitu Goo Hara dan Kang Jiyoung.
Dengan Formasi baru, Kara justru sukses meraih popularitas di Korea. Mereka merilis banyak hits single seperti Pretty Girl, Honey, Wanna dan Mister. Selain itu, mereka juga semakin populer karena sering menjadi bintang tamu di acara variety Show dan punya banyak acara reality show.
3. After School
After School yang debut 15 january 2009 ini awalnya beranggotakan 5 orang personil yaitu: Ga Hee (leader), Jung Ah, Joo Yeon, Bekah, dan So young. Mereka merilis single ‘Ah’. After School dijuluki Pussy Cat Dolls-nya Korea.
Pada saat kembali merilis single ‘Diva’ pada April 2009, After School ketambahan satu orang member yaitu: UEE.
Maka After School formasi baru adalah dengan 6 orang member.
Setelah masa promosi Diva member After School disibukkan dengan Aktivitas masing-masing sembari merampungkan mini Album kedua mereka. Tapi sangat di sayangkan, pada oktober 2009 After School harus kehilangan satu membernya yaitu So Young yang keluar karena masalah kesehatannya.
Awalnya banyak yang memprediksi bahwa After School akan kembali ke formasi awal yaitu dengan 5 member. Ternyata, tidak lama setelah itu After School comeback dengan hits ‘Because of You’ dengan 2 personil baru yaitu Nana dan Raina.
Maka After School pun melanjutkan Aktifitas mereka dengan 7 member. Gak sia-sia juga mereka menambah personil, karena lagu ‘Because of You’ behasil menjadi nomor 1 di chart-chart musik korea dan 3 kali mendapat mutizen award di SBS Inkigayo. After School mendapat banyak kesuksesan dengan 7 personilnya sekarang.
sekian dulu postingan gw. Tunggu postingan gw selanjutnya: Gonta- Ganti personil [Part 2-boyband]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar