Kamis, 13 Januari 2011

Yunho, “Banyak luka pribadi, dan rasa sakit dari posisiku sebagai ‘pemimpin’!”

Setelah absen dua tahun dari industri musik Korea, TVXQ membuat comeback nya pekan lalu. Pada tanggal 12 Januari, Yunho dan Changmin mengadakan konferensi pers untuk membahas berbagai isu seputar comeback mereka. Wawancara bergeser ke topik yang sangat sensitif: JYJ.

Dengan tenang, Yunho berkata, “Selama dua tahun tiga bulan, aku menunggu tiga temanku itu. Karena mereka masih tidak ada di sini, aku pikir harus ada yang melindungi ‘TVXQ’ dan bukan hanya terus menunggu. ‘TVXQ’ diciptakan karena usaha-usaha keras antara perusahaan bernama SM Entertainment, kelima member, dan fans kami. Untuk memastikan bahwa tidak akan pernah terlupakan, kami pikir bahwa ini adalah cara terbaik untuk melindungi TVXQ.”
Ia melanjutkan, “Aku selalu memiliki pola pikir positif, tapi sekarang menjadi lebih positif lagi. Selama masa-masa sulit, aku hanya akan meraih sebotol air dan naik subway yang melalui tujuh jalur perjalanan, bahkan kadang-kadang aku pergi mendaki gunung. Aku merasa lebih mencintai hal-hal kecil. Di satu sisi, kesulitan-kesulitan itu menjadi semacam ‘kebahagiaan’ – Aku senang bahwa hal itu terjadi ketika aku masih muda, sehingga aku bisa tambah dewasa melalui pikiran itu. Aku tidak yakin apakah ini jalan yang benar, tapi aku percaya segala sesuatu akan berhasil jika kita semua berusaha keras.”
“Banyak luka pribadi, dan rasa sakit dari posisiku sebagai ‘pemimpin’ lebih besar, tapi tidak pernah sekali pun aku meminta mereka untuk ‘Dengar apa yang harus ku katakan’. Semua yang terjadi sudah terlalu besar untuk dipecahkan dengan hanya kami berdua. Aku percaya jawabannya adalah menutup mulut kami mengenai isu-isu tentang hukum, dan hanya bekerja keras dalam menyanyi dan promosi.”
Ketika ditanya tentang pendapat pribadi mereka tentang sengketa antara JYJ dan SM Entertainment, Yunho menjawab, “Aku hanya ingin mereka bergegas menyelesaikan masalah dan kembali ke TVXQ. Mungkin atas nama musik, semuanya menjadi hebat, tapi untuk promosi lebih lanjut pasti memiliki perbedaan nilai. Nilai-nilai itu adalah masalah pribadi, dan aku tidak ingin masuk ke sesuatu yang bertele-tele seperti itu. Aku hanya ingin mereka semua sehat. Satu-satunya yang bisa aku minta pada mereka adalah untuk kembali bersama kami. Ketiganya sudah melewati batas dan sudah terlalu jauh bagi kami berdua untuk menangkap mereka. Aku hanya ingin mereka menyelesaikan sengketa dengan perusahaan kami, dan cepat kembali. Itu memang sulit. Dan sakit. Aku merasakan kebencian melawan orang-orang. Namun sebagai orang yang tidak suka kebencian, aku merasa terluka. Tapi aku menerima itu semua. Jujur, aku tidak punya waktu untuk membenci siapa pun.”
“Suatu hari, aku bertemu dengan seorang anak kecil dan aku bertanya siapa penyanyi/grup favoritnya, dan dia menjawab dia suka SNSD. Ketika aku bertanya apakah dia tahu TVXQ, dia mengatakan bahwa dia tidak tahu. Ini mungkin karena dia masih muda, tapi rasanya mengecewakan karena kami tidak mempromosikan.”
Yunho melanjutkan, “Ketiganya mungkin telah pergi, tapi aku tidak ingin ‘TVXQ’ dilupakan. Kami harus melakukannya dengan baik dan pergi menuruni jalan yang positif. Bahkan jika itu hanya kami berdua, kami harus tetap melindungi nama dan posisi kami.”
Changmin berkata, “Media telah menciptakan isu-isu, dan situasi telah berubah menjadi sebuah peperangan ofensif dan defensif. Aku pikir itu pasti karena orang-orang penasaran dengan apa yang ada dipikiran kami berlima. Yang ingin aku katakan adalah kami berlima ada di tempat ini karena kami berbagi kesulitan bersama.”
Ketika ditanya apakah dia ingin mengatakan sesuatu untuk ketiga member JYJ, dia hanya berkata,“Tidak.”
Ketika seorang reporter mengatakan bahwa para member JYJ pernah menyatakan bahwa mereka mencoba untuk menghubungi mereka, Yunho menjawab, “Itu tidak benar. Kami tidak pernah menerima kontak mereka. Dan bahkan jika kami ingin menghubungi mereka, nomor mereka telah berubah, jadi kami tidak mungkin menerima panggilan dengan nomor yang asing. Ada banyak panggilan dari orang asing akhir-akhir ini, jadi sulit bagi kami untuk menerima setiap panggilan. ”
Yunho melanjutkan, “Ini benar-benar membuat frustrasi. Aku harap media tidak membingungkan fans kami. Sudah begitu banyak kabar miring akhir-akhir ini, aku benar-benar minta maaf untuk para fans dan juga keluargaku.”
Mengenai kontroversi seputar lirik mereka “Why (Keep Your Head Down)” Yunho menjelaskan,“Lirik itu bukan kenyataan, jadi jangan menganggapnya sebagai sindiran untuk mereka.”
Mengenai tweet Junsu, Yunho berkata, “Ketika aku pertama kali membaca tweet Junsu, aku berpikir, ‘Dia telah membuat kesalahan’. Aku tidak mengerti apa yang dia katakan tentangku, tetapi menggunakan istilah ‘musuh’ untuk melawan tidak hanya staf kami, tapi juga senior kami, jelas dia salah.
Changmin menambahkan, “Memberi label ‘musuh’ untuk Lee Soo Man dan juga staf yang telah menderita karena TVXQ, dia menunjukkan rasa tidak hormat sebagai manusia.”

Source + Photos: Korea Economy (1) (2) (3), TV Daily (1) (2) (3), EToday NewsenEveryday Economy
Credit: Allkpop.com
Indo-trans/Shared by: pinkrazy.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar