Kamis, 07 April 2011

[Tutorial] Mengaktifkan Aksara Hangul pada Windows XP


(Bagaimana cara mengetik Hanguk Mal di Komputermu)
Kamu tidak perlu mendownload atau menginstall software tertentu untuk hal ini. Sebenarnya, Windows (Jika kamu menggunakan sistem operasi Windows di komputermu) sendiri sudah menyediakan fitur untuk ini. Yang perlu kamu lakukan adalah mengaktifkannya. Untuk mengaktifkannya, kamu perlu CD installer Windows XP, and log in sebagai Administrator. Disini, akan saya jelaskan bagaimana mengaktifkan fitur ini, hanya contoh disini, hanya valid untuk Windows XP. Untuk Windows Vista atau Windows 7, langkah-langkahnya mungkin kurang lebih sama.
Saya akan coba untuk menjelaskan langkah-langkahnya disini, sedetail mungkin. Soale saya tahu, bahwa sebagian besar dari kamu mungkin bukan “kutu-komputer” seperti saya…Hehehehe.


1.
Adalah lebih baik untuk kamu memasukkan installer CD Windows XP ke drive CD/DVD mu sekarang.
2.
Klik Start -> Control Panel.
3.
Pilih ikon “Regional and Language Options.” Klik dua kali.
4.
Setelah diklik, akan ada kotak “Regional and Language Options”.
5.
Pilih tab “Languages”
6.
Biasanya kamu akan melihat di “Supplemental Language Support”, ada dua checkbox yang belum di-check. Yang perlu kamu lakukan adalah men-check “Install files for East Asian languages.”
Mungkin akan muncul atau tidak muncul notifikasi seperti gambar diatas. Jika tidak ada notifikasi, jangan khawatir, semuanya masih dalam kendali. Klik “OK” pada notifikasi. Dan klik “OK” sekali lagi untuk menutup kotak “Regional and Language Options.”
7.
Akan muncul proses pengkopian seperti gambar berikut.
Jika kamu belum memasukkan CD installer Windows XP mu, kamu akan dihadapkan ke kotak error seperti berikut.
8.
Selama proses pengkopian, kadang-kadang kamu akan dihadapkan pada sebuah kotak yang menanyakanmu memilih file yang benar. File seperti “_XDLBBG.” (Hanya contoh nama file, tidak harus persis sama). Kamu harus mengarahkannya ke folder yang benar di CD installer Windows XP-mu, hanya dengan menekan tombol Browse. Jika kamu melihat dalam CD installer Windows XP-mu, akan ada folder “I386”. Umumnya, file yang kamu butuhkan untuk proses pengkopian ada di folder tersebut. (Maaf, saya tidak sertakan gambarnya disini, sebab saya tidak pernah mengalaminya dalam proses instalasi, hehehe)
Harap diperhatikan bahwa jika CD installer yang kamu gunakan berbeda dengan CD yang kamu gunakan saat meng-install sistem operasi Windows XP-mu yang sekarang, walaupun kamu telah mengarahkannya ke folder yang benar dan file yang benar, proses pengkopian masih akan terus-menerus menanyakan file yang sama. Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena sistem operasinya mengenali bahwa walaupun nama file-nya sama, namun file-nya sendiri berasal dari dua CD installer yang berbeda. (Sialnya Windows XP, saya pernah mengalaminya juga). Jika kamu mengalami hal seperti ini. Saya minta maaf, sebab saya tidak memiliki solusi untuk masalah seperti ini. Satu-satunya solusi yang dapat saya pikirkan saat ini adalah meng-install ulang Windows XP-mu, dan memulai baru. Hehehe…;) Saya tahu ini adalah solusi yang bodoh, tapi mungkin suatu saat nanti, saat derajat saya dalam dunia perkomputeran meningkat 1 level, saya akan dapat memberikan solusi yang tepat untuk masalah ini.
9.
Setelah itu, kamu perlu me-restart komputermu.
10.
Setelah kamu me-restart komputermu, sekarang, komputermu sudah memiliki fitur untuk mengerti bahasa-bahasa asia timur. Selamat! :) Tapi..ups, kamu masih perlu menjalankan beberapa langkah untuk memungkinkanmu mengetik huruf Korea dikomputermu.
Komputermu sekarang mengerti bahasanya, namun masih belum mengenali masukan huruf Korea dari keyboard Korea. Jangan takut!!! Karena sangat mudah untuk mengatur keyboardmu yang saat ini normal untuk menjadi keyboard-Korean. Kamu tidak perlu jauh-jauh pergi ke Seoul hanya untuk membeli keyboard Korea. Hehehe..;)
11.
Ulangi langkah 2, 3, 4 dan 5.
12.
Klik tombol “Details.”
Kamu akan melihat kotak “Text Services and Input Languages” seperti gambar dibawah ini.
13.
Pada awalnya, bahasa masukan komputermu adalah “English (United States) – US”. Kamu perlu menambahkan servis masukan baru, agar kamu bisa memasukkan huruf Korea. Klik tombol “Add”.
14.
Kamu akan melihat kotak “Add Input Language”. Pilih “Korean” dari daftar.
15.
Klik checkbox “Keyboard layout/IME”, dan pilih “Korean”. Klik “OK”.
16.
Kamu akan melihat di bagian bahasa “Korean”, bagian keyboard-nya sekarang memiliki nilai “Korean”. Kamu perlu juga menambahkan “Korean Input System (IME 2002)”.
17.
Sekarang komputermu sudah dapat mengenali huruf Korea sebagai masukan (Woohooo!!!..:) ) . Namun bagaimana kamu memberitahu komputermu saat kamu sedang mengetik keyboardmu, kamu ingin mengetik dalam huruf Korea. Disinilah gunanya “Language Bar”.
18.
Bagaimana cara mengaktifkan “Language Bar”-mu, agar kamu bisa mengubah dengan mudah antara mengetik huruf Latin atau huruf Korea.
19.
Klik kanan di taskbar-mu. Tahu kan taskbar…garis biru dimana ada tombol “Start”-nya. Pilih menu “Toolbars” -> “Language Bar”.
20.
Kamu mungkin akan menemukan “Language Bar” di sebelah kanan taskbar.
21.
Klik pada tombol “Restore” untuk melihat “Language Bar” dalam mode penuh.
22.
Kamu akan melihat “Language Bar”-mu dalam mode penuh. Awalnya, mode masukan komputermu adalah “EN English (United States)”.
23.
Klik pada bahasanya untuk memilih jenis masukan yang berbeda. Kamu akan melihat ada dua jenis layanan masukan. KO untuk Korean, dan EN untuk English. Pilih “Korean”.
24.
Sekarang, language bar-mu terlihat berbeda bukan? :) Jika language bar-mu terlihat sedikit berbeda dengan gambar dibawahmu, jangan khawatir. Language bar-mu akan menyesuaikan dengan window yang aktif di komputermu. Gambar dibawah ini akan ditampilkan jika kamu mengaktifkan window Office MS.Word.
25.
Holla.. Kamu berhasil. Woohoo!!! Saya akan jelaskan tiga hal yang paling penting di language bar ini.
26.
Jika kamu ingin mengetik dalam huruf-Korea, cukup klik tombol ketiga, dan language bar mu akan berubah menjadi seperti gambar berikut.
27.
Sekarang kamu bisa mengetik seperti berikut ini di Ms.Word-mu atau bahkan di browser-mu.
Contoh Ms.Word:
Yeap, bener, itu adalah salah satu judul lagu SHINee, Replay (Nunan Neomu Yeoppeo). Hehehe…
Google Chrome Browser:
Dibaca tulisannya sebagai Seo In Gook Saranghae.
28.
If you want to change again into the Latin input language from your keyboard, then just click back the button.
Jika kamu ingin mengubah kembali ke masukan bahasa Latin dari keyboardmu, cukup klik kembali tombol tersebut.
29.
Kamu bisa dengan mudah mengubah mode antara masukan huruf Latin dan huruf Korea. Kamu bisa mengaturnya di “Key Settings.” Ulangi langkah 2, 3, 4, 5, dan 12. Atau dengan klik kanan di language bar-mu dan pilih menu “Settings”.
30.
Pada “Advanced Key Settings”, kamu bisa mengatur bagaimana kamu ingin mengubah antara mode pengetikan.
31.
Notes:
-
-
Untuk memperoleh penekanan huruf, seperti “ㅆ”, “ㄲ”, “ㄸ”, yang perlu kamu lakukan adalah menekan tombol “Shift” dan tombol huruf keyboard yang diinginkan.
-
Gambar dibawah ini adalah gambar bagaimana seharusnya keyboard Korea terlihat.
-
Dengan sedikit kreativitas, kamu bisa “menghias” keyboardmu dengan huruf Korea. Semua yang kamu butuhkan hanya kertas penempel label nama atau kertas putih dan lem atau selotip. Dan sekarang kamu tahu huruf yang mana terletak pada tombol yang mana di keyboard-mu-yang-sebelumnya-normal. Hehehe…;)
Gambar dibawah ini merupakan gambar keyboard-pc dan keyboard-netbook.
32.
The End

Take out from hallyucafe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar