Jumat, 07 Januari 2011

SME mengambil tindakan atas plagiat “Lucifer” milik SHINee!

Penyanyi wanita Serbia bernama Jelena Karleusa telah terjebak dalam kontroversi plagiat atas lagunya yang berjudul ‘Muskarac koji mrzi zene.’

Lagu ini pertama kali terungkap di YouTube, dan penggemar segera menemukan bahwa itu mungkin versi jiplakan dari hit SHINee, ‘Lucifer’. Lagu tersebut dibagi dalam beberapa bagian yang berbeda dan diaransemen ulang dari ‘Lucifer’, tapi menyimpan melodi keseluruhan yang membuatnya lebih seperti versi terjemahan dari lagu yang sama.
Masalahnya terletak pada bahwa lagu itu tersedia untuk download gratis pada situs resmi penyanyi itu, sehingga banyak orang yang menyerukan bahwa pendistribusian lagu jiplakan adalah tindakan yang merusak komposer asli.
Ini bukan pertama kalinya lagu-lagu SHINee dijiplak oleh seniman internasional. Agustus lalu, sebuah grup dari Kamboja ditemukan menjiplak ‘Ring Ding Dong,’ membuat SM Entertainment untuk maju dan mengambil tindakan. Tentang kontroversi itu, SM Entertainment menyatakan, “Pada 6 Januari, kita mengkonfirmasikan dengan penerbit di AS bahwa lagu itu adalah pelanggaran hak cipta. Kami akan mengambil tindakan.”

Buat kalian belum liat berikut videonya:

credit: Asianplus via OMG!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar