Senin, 11 April 2011

[Star Interview] JYJ Kim Jaejoong: “TVXQ bagiku adalah awal, nyata, dan tidak berubah.”

Member JYJKim Jaejoong. Ekspresi di wajahnya, yang aku temui sebelum wawancara, adalah cerah, dan suaranya ceria. Dia mengatakan bahwa dia “minum beberapa gelas bir” pada wawancara sebelumnya dan menyarankan wawancara ini sebagai putaran kedua.

Tempat dimana Jaejoong selesai wawancara sebelumnya adalah kafe di Shinmunro, Seoul. Kami pindah ke sebuah pub di Samsungdong, dimana dia pernah sekali tampil disana. Di dalam mobil yang kami tumpangi bersama-sama, dia mulai berbicara tentang ketertarikannya akhir-akhir ini untuk membangun atmosfer (T/N: reporter dan Jaejoong mungkin baru pertama kali bertemu). Saat itu kami membicarakan tentang kesalahpahaman dan kebenaran gempa bumi Jepang dan radioaktivitas. Dia menyebutku sebagai seorang yang berwawasan luas. Aku bertanya padanya:“Apakah kamu banyak membaca koran dan buku?” Tanggapan yang diberikan kepadaku adalah: “Aku belajar lebih banyak hal dari orang-orang dibanding buku.”
Ketika kami tiba di pub, dia mengeluarkan beberapa ponselnya ke meja aluminium. Ada enam ponsel, dan diantaranya ada beberapa model yang dia gunakan saat di Jepang. Rupanya, dia tidak membedakan antara ponsel “untuk pekerjaan” atau ponsel “untuk keluarga.” Dia juga menghapus banyak kontak, yang pada satu waktu berjumlah lebih dari 1.000 kontak.
“Ketika kita mendorong hanya melalui kekuatan kita sendiri, ada satu atau dua orang yang pergi. Dan, ketika aku menahan diri untuk menghubungi mereka karena aku merasa sedih, tampaknya orang-orang disekitarku juga berkurang… Tapi meskipun demikian, aku memiliki para member dan fans.”
Beberapa waktu yang lalu, dia menulis di profil twitter nya “JYJ from TVXQ,” dan pada hari wawancara, dia menuliskan status di twitternya dengan kata “JYJ.” Mungkinkah masa lalu, masa kini, mimpi, dan kenyataan bercampur menjadi satu?
TVXQ bagiku adalah awal, nyata, dan tidak berubah. Aku tidak menempatkan arti khusus lain ke dalamnya (T/N: mengubah profil “JYJ from TVXQ”). Pada tweet yang berbunyi ‘JYJ,’ itu karena setelah bangun di pagi hari, aku tiba-tiba merasa bahwa seluruh hidupku adalah ‘JYJ.’ Umm, benar-benar tidak memiliki arti khusus… haha.”
Dalam wawancaranya dengan beberapa media lain, Kim Jaejoong juga mengungkapkan cerita pribadinya, seperti “Aku sudah pernah pacaran dengan 4 wanita,” tanpa malu-malu menyembunyikannya. Dia juga mengungkapkan cerita keluarganya yang rumit dan hal-hal lain, namun sebenarnya cerita yang benar-benar ingin dia katakan adalah tentang “musik.”
“Aku belajar banyak saat mengambil tanggung jawab sebagai director untuk konser Thailand. Ketika aku disebut sebagai “executive director,” ada banyak kekhawatiran. Jika konser berjalan lancar, maka itu berkat para staf, tetapi jika tidak berjalan dengan baik, maka itu salahku.. aku juga mempunyai kekhawatiran seperti itu. Karena aku sudah membulatkan tekad, aku ingin bertanggung jawab atas segalanya. Aku pergi ke Thailand sebelum konser digelar, dan memeriksa detail demi detail dari penempatan panggung sampai rute gerakan. Beruntung konser itu berjalan dengan baik, tetapi sebenarnya, itu sebagian besar berkat Junsu dan Yoochun. Haha.”
Pada tanggal 2 dan 3 April di Impact Arena – Bangkok, Thailand, JYJ bertemu dengan 22.000 lebih fans melalui ‘JYJ World Tour Concert 2011′. Kim Jaejoong, dengan staf, membuat segala sesuatu-dari lampu, jalur gerakan, kostum, dan sejenisnya. Untuk memeriksa waktu yang dibutuhkan untuk bergerak ke bawah panggung untuk mempersiapkan penampilan berikutnya, dia mengambil stop watch dan berlari (mengukurnya) sendiri.
“Karena aku seorang penyanyi yang menyanyikan lagu, aku sering berpikir ‘Ah, pasti akan bagus jika ada bagian itu.’ Jika aku sering menjadi director di masa depan, bukankah nantinya aku mampu menciptakan panggung yang lebih sempurna?”
Tur dunia ini akan menyeberangi kota besar di Asia dan Amerika Utara dan akan menghiasi final yang menakjubkan pada tanggal 11 dan 12 Juni di Korea. Kim Jaejoong adalah seorang director pemula tetapi dia yakin bahwa dia akan meningkat sedikit demi sedikit dan akan menjadi ahli di masa depan. Kejutan lagu-lagu baru yang dibuat sendiri oleh para member JYJ melalui konser ini juga merupakan hadiah untuk para penggemar.
“Fans juga mungkin merasa, aku pikir saat ini warna musik kami sedikit berubah. Di masa lalu, kami tidak punya lagu-lagu seperti ‘Fallen Leaves’. Memang benar bahwa kami bertanya-tanya apakah kami bisa memiliki sebuah lagu yang dibuat tanpa menggunakan beat. Dalam rangka untuk memberi sedikit perubahan, aku berpikir tentang belajar harmonisasi. Ketika aku menciptakan lagu, tampaknya aku juga butuh latar belakang teoritis.”
Seiring waktu berlalu, Jaejoong lebih banyak mengungkapkan perasaan hatinya daripada lelucon. Jaejoong mengungkapkan perasaanya tentang insiden yang berkaitan dengan mantan agensinya, beberapa rekan, junior yang berubah sedikit demi sedikit, dan dinding yang menghalangi jalannya,  yang membuatnya terluka. Dari semua itu, dia selalu mengulangi berkali-kali, bahwa dia ingin melakukan aktivitas yang bervariasi, seperti para member lain.
Dia sangat berharap konflik dengan mantan agensinya selesai dan dia dapat sering bertemu dengan para fans melalui TV. Wajah Jaejoong yang kadang-kadang menunjukkan air mata selama fanmeeting tiba-tiba melayang ke pikiranku. Pada pertanyaan selanjutnya, aku menanyakan apakah dia kesepian. Dia malah menanggapinya dengan tawa.
“Dimana dan bagaimana aku dapat bertemu dengan fans? Sebenarnya, mayoritas kekhawatiranku baru-baru ini justru itu. Aku percaya bahwa segala sesuatu akan berjalan baik-baik saja. Aku berencana untuk terus menyanyi selama hidupku, aku tidak boleh lelah. Haha.”
Source: hankook ilbo
Eng-trans/Credit: jyj3.wordpress.com
Indo-trans/Shared by: pinkrazy.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar