Senin, 14 Februari 2011

JYP Membantah Tuduhan Plagiarisme Lagu “Someday” Milik IU!

Penyanyi dan produser Park Jin Young telah membantah tuduhan plagiarisme  lainnya. JYP adalah kepala JYP Entertainment yang mengatur kegiatan-kegiatan utama Wonder Girls, 2PM dan 2AM.

Dugaan ini dinyatakan pada  tanggal 10 februari oleh penulis lagu Kim Sin Il yang mengklaim bahwa lagu “Someday” yang ditulis JYP dan dinyanyikan oleh IU mirip dengan lagu “To My Man” yang telah dirlis pada tahun 2005 dan dinyanyikan oleh penyanyi solo Ash. Pengacaranya telah memasukan gugatan hari itu.
JYP membantah dalam press release yang digelar hari senin kemarin, mengatakan bahwa lagu adalah “Money Chord” dan chord biasanya digunakan dalam lagu-lagu.
Tapi dalam interview dengan Joongang Ilbo hari senin, Kim Sin Il mengatakan bahwa masalahnya bukanlah “money chord”, tapi “jazz chord” yang rumit yang sangat identik dengan kedua lagu tersebut.
Kim Sin Il telah bertanya pada musisi professional untuk memberikan opini mereka terhadap masalah ini, dan mereka merespon bahwa kebanyakan dalam lagu tersebut mirip atau identik derngan lagu “To My Man.”
JYP teguh pada permasalahan ini, mengatakan bahwa musik Kim Sin Il juga mirip dengan banyak lagu-lagu asing, termasuk “ Hosanna” milik Kirk Franklin (2002) dan “Officially Missing You” milik Tamia (2004) menimbulkan pertanyaan apakan Kim Sin Il memplagiat lagu-lagu tersebut.
JYP telah beberapa kali terkena tuduhan plagiarisme dengan lagu-lagu seperti “What is Dance” dinyanyikan oleh Ryang Hyun Ryang Ha dan “2DT” dinyanyikan oleh Wonder Girls, tapi ini pertama kalinya ia menghadapi aksi secara legal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar