Selasa, 03 Mei 2011

Berapa Lama Artis Korea Harus Menunggu Award Pertama Mereka?

Tiap bulan bahkan tiap minggu ada saja grup baru yang memulai debut mereka di ranah musik Korea. Dan sebagai salah satu tolak ukur kesuksesan mereka adalah ketika berhasil meraih award di M! Net “M Countdown”, SBS “Inkigayo” & KBS “Musik Bank”. Meski acara – acara ini disiarkan tiap minggu, namun sulit bagi para rookie meraih award, karena harus bersaing langsung dengan senior – senior mereka yang sudah terkenal dan memiliki fanbase besar.

Lalu harus berapa lama para Rookie ini menunggu sampai mereka bisa mendapat award? Sports Seoul lebih jauh menganalisis waktu dan ucapan terima kasih artis – artis baru ini ketika mereka meraih award pertama setelah debut.

## Tidak Sampai Setahun Sudah Dapat Award ##

1. miss A – 20 Hari
Meraih berbagai award  dengan, “Bad Girl Good Girl” di program – program musik, hanya dalam jangka waktu 20 hari setelah debut. Berhasil mencuri perhatian dengan dance yang ctatchy.
2. 2NE1 – Kurang Dari 1 Bulan
2009 – Kurang 1 bulan setelah debut, meraih posisi #1 di berbagai program musik dengan debut track, “Fire“. Meraih perhatian karena image mereka sebagai “Female Big Bang”, Award pertama diSBS “Inkigayo” (mutizen).
Ketika menang, mereka mengucapkan terima kasih kepada CEO dan rekan – rekan semanajemen, dengan mengatakan, “Kami repek dan berterima kasih kepada CEO Yang Hyun Suk. Kami berterima kasih kepada semua YG Family.”
3. 4minute – 100 Hari
Tahun 2009 – Mereka benar – benar butuh waktu 100 hari untuk meraih award pertama mereka di Program Musik. Debut bulan Juni, dengan “Hot Issue”, namun baru meraih award pertama (SBS Inkigayo – Mutizen) pada 26 September 2009 dengan lagu kedua, berjudul “Muzik.”
4. T-ara – 6 Bulan
Harus menunggu 6 bulan sebelum memenangankan award pertama mereka di KBS “Music Bank”. Debut tahun 2009, grup ini baru berhasil jadi juara tahun 2010 dengan  “Bo Peep Bo Peep.
Ketika menang, member menyatakan, “Kami akan bekerja lebih keras. Kami harap semua orang tetap sehat di tahun 2010, dan kami mengucapkan Selamat Tahun Baru”

## Harus Menunggu Selama 1 – 2 Tahun ##

1. SECRET – 1 Tahun 4 Bulan
Meraih award pertama di KBS “Musik Bank”  dengan single ketiga mereka “Shy Boy“. Tiap member menangis bahagia, dan leader Hyosung mengucapkan terima kasih kepada keluarga, rekan – rekannya dan fans untuk cinta dan dukungannya.
2. Brown Eyed Girls - Hampir 2 tahun
Debut tahun 2006, tapi baru bisa meraih award tahun 2008 dengan “Love“. Saat menang mereka tidak berhenti menitikkan air mata bahagia.
3. f(x)
Debut tahun 2009, baru berhasil meraih K-Chart pertama di KBS “Music Bank”. 29 April 2011, hanya butuh 1 minggu promosi dengan “Danger”. Ketika itu, Luna tak henti menangis, bahkan sampai backstage.
4. 2AM – 1 Tahun 6 Bulan
Debut Juli 2008, dan berhasil meraih award di SBS “Inkigayo” dengan hits mereka, “Can’t Leave You Even If I Die”. Karena melakukan promosi bersamaan dengan SNSD – “Hoot”. 2AMtidak menyangka bisa menang, tidak heran jika semua member menangis, saking bahagianya
(saat itu aku sempat menduga – duga, kenapa JYP “mengorbankan” 2AM untuk melakukan promo bersamaan dengan SNSD, kenapa bukan 2PM yang jelas – jelas punya fans yang lebih banyak, dengan demikian persaingan bisa lebih seimbang, Namun pada akhirnya, 2AM, berhasil menang, dan jadi sangat populer sampai dapet Daesang di Golden Disk Awards 2010!!!).

## Ketika Popularitas Seperti Tak Kunjung Datang, Berapa Lama Mereka BisaBertahan? ##

1. KARA  - 2 Tahun lebih
Debut tahun 2007 sempat merubah formasi dari grup dengan 4 member menjadi 5 member berhasil menjadi top girl grup nasional setelah 2 tahun menunggu. Meraih award pertama di SBS “Inkigayo” bulan Maret 2009, dengan album ketiga mereka “Lupin”.
Tidak lama setelah menang, leader Park Gyuri menulis di minihompy“Aku selalu membayangkan bagaimana rasanya menang di posisi 1, tapi sekarang hal itu menjadi kenyataan, rasanya seperti mimpi. Kami akan terus bekerja sama dan bekerja keras untuk membagi kebahagiaan dengan semuanya.”
2. Lee Hyun “8eight” – 3 tahun
Lee Hyun “8eight”, berhasil meraih award pertamanya setelah 3 tahum sejak debut dengan grup “8eight”  Itupun tidak dengan grup-nya, melainkan setelah berduet dengan Changmin “2AM” ( dengan proyek bernama “Homme”)
Ketika Homme menang di KBS “Music Bank” untuk “Still Eating Well”, Lee Hyun menyatakan, “Aku sekarang ingin menang di posisi 1 dengan 8eight.”
3. K.Will – 4 tahun
Debut tahun 2007, meraih award dengan lagunya “My Heart is Beating” 3 April 2011. Sorenya, dia menulis di Twitter, “Butuh waktu  10 tahun. Hari keajaiban, syukur yang mendalam.
Maksudnya “10 tahun” adalah 7 tahun jadi traini dan 3 tahun debut (promosi).
4. Jewelry  4 tahun
Jewelry bisa dibilang girl grup veteran yang debut tahun 2001. Meski lagu – lagunya seperti “Tonight” dan “I Really Like You” jadi great hits. Tapi mereka baru bisa meraih award dengan “Super Star” tahun 2005.
Kalo kalian, berapa lama grup favorit kalian berada di posisi #1? Atau kalo mereka belum berhasil menduduki posisi #1, berapa lama menurut kalian mereka akan meraih posisi itu?
Source: Sports Seoul via Nate
Via: Allkpop
Indo trans: puchicatos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar