Jumat, 21 Januari 2011

Skandal KARA

Karna dah lama gak OL, nganga deh pas denger berita: KARA lagi bermasalah. Jadi beginilah asal usul masalah tsb, cekidot!




Gugatan 4 member KARA karena uang??!!


FAKTA-FAKTA:

  • Han Seung-Yeon, Goo Ha-Ra, Jung Nicole, dan Kang Ji-Young memutuskan untuk menghentikan kontrak dengan DSP Media.
  • Park Gyu-Ri tidak termasuk.
  • DSP Media telah mengisi aplikasi sebagai penguasa nama KARA.
  • DSP Media memproses tindakan hukum kepada KARA atas pemutusan kontrak.
DUGAAN:
  • Pengacara yang mewakili KARA memberikan gugatan dengan alasan “luka” dan “dampak psikologis” dan “hubungan yang telah rusak”
  • Gyuri tidak diinformasikan tentang apa yang terjadi.
  • KARA menghasilkan $18 juta dollar di Jepang dan hanya diberikan $3,000 dikarenakan alasan tertentu oleh DSP dan distributor Jepang. Hal ini merupakan hal khusus karena Korea memasuki pasar Jepang
  • KARA telah didatangi oleh agensi lain untuk diajak bergabung. Ibu Gyuri menolak dengan alasan “tidak dapat mengkhianati DSP”
Ketika para member dan orang tua mereka meminta dokumen yang menjelaskan bahwa pembagian uang tersebut legal dan KARA tidak dalam berada pada posisi yang dicurangi, DSP menegaskan bahwa dokumen tersebut sedang tidak dapat diberikan.
Pemikiran penulis: Hal ini menyedihkan. Saat ini KARA sedang dalam tahap menuju kesuksesan di Jepang dan Korea.
Saya bukan fan ataupun anti fan KARA. Akan tetapi, para fan dan juga anti fan selalu saja menyimpulkan segala sesuatunya, saya merasa harus memberikan sedikit banyak pengertian untuk kalian.
  • Bukan suatu rahasia lagi jika suatu agensi lebih memiliki kekuatan dibandingkan para artisnya. Para artis terikat kontrak bertahun-tahun dan hanya mendapatkan sedikit porsi dari keuntungan yang didapat. Walaupun begitu sudah menjadi opini pribadi saya yaitu 1) Hal ini tidak mengejutkan atau 2) Terjadi ketidakadilan. Artis KPOP sering kali dibanding-bandingkan dengan artis Amerika untuk beberapa alasan: Artis Korea terikat kontrak lebih lama dan lebih sedikit mendapat keuntungan, tetapi mereka tidak membuat musik mereka sendiri, menulis lirik, ataupun membentuk koreografi sendiri, dan juga mendapat waktu pelatihan. Banyak orang dibelakang mereka yang membentuknya dan ini realita: mereka yang berada di belakang juga mendapat bayaran. Saya tidak mengatakan bahwa KARA pantas dibayar murah ataupun agensi nya layak dibayar mahal. Saya mengatakan bahwa artis Korea dan Amerika tidak dapat dibandingkan. Dan jangan lupakan juga perbedaan populasi yang besar pada kedua pasar.
  • Karena hal ini merupakan perpecahan 4:1, terdapat 4 member di satu sisi dan 1 member di sisi lain. Meskipun terlihat tidak lengkap, kita juga dapat mengatakan bahwa: terdapat 2 sisi di 1 cerita. Tidak ada yang tahu apakah DSP yang benar ataupun KARA yang benar. Fans KARA tentu saja akan melindungi artis mereka dan fans yang sifatnya “bisnis” di Korea akan melindungi DSP Media. Jika hal ini dapat ditangani dengan baik, orang-orang akan berhenti menodongkan pistol pada DSP Media, mengatakan bahwa DSP itu iblis dan member KARA tidak tahu terima kasih.
  • Distribusi mengerluarkan BANYAK uang. Saya pernah bekerja di Universal Music Group dan, saya dapat berkata kepada kalian sebagai seseorang yang sangat mengerti hal ini, bagian ini merupakan bagian termahal dari proses musik, sehingga pemecahan 85% bukan merupakan suatu hal yang mengejutkan, terutama kepada rookie.
  • Tidak ada alasan untuk memperlakukan manusia dengan salah; saya tidak peduli apakah kalian DSP Media ataupun orang yang akan membunuhku ketika aku menyetir pagi ini, memperlakukan seseorang tanpa kepercayaan, ketidakjujuran, dan tanpa respek merupakan hal yang salah. Saya setuju, KARA memang berhutang banyak kepada DSP Media; mereka memberikan kesempatan pada KARA untuk berdiri di posisi mereka sekarang. Akan tetapi bagaimanapun, jika dugaan yang diberikan KARA memang benar, itu bukan berarti mereka tidak tahu berterima kasih. Mereka berjuang untuk hak mereka. Jika KARA sendiri tidak menyukai hal ini, lalu siapa yang dapat menghentikan mereka?
Sayangnya, pada situasi  seperti ini, para fans ditinggalkan oleh banyak pertanyaan. Banyak dugaan-dugaan yang membuat para fans semakin berpikir jauh. Akan menjadi seperti apa sebuah grup nantinya, waktu akan memberitahu.
cr: seoulbeats
Indonesian Translation: tenten@karafaith.co.cc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar