Minggu, 17 April 2011

Daerah Seoul Selatan Kini Menjadi Favorit Wisatawan Asing

Jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke daerah Gangnam yang berada di daerah selatan sungai Han, kian hari semakin meningkat.
Biasanya para wisatawan berkunjung ke daeah utara Gangbuk dari sungai tersebut untuk melihat situs-situs bersejarah dan pusat perbelanjaan termasuk Myeong-dong, Gwanghwamun, Insa-dong dan Namdaemun Market. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Cosmojin Tour, 88 persen dari turis asing ini berkunjung ke daerah utara Seoul adalah untuk melihat-lihat bangunan istana kerajaan, museum dan pasar tradisional.

Tetapi kini berbeda, alasan para wisatawan asing ini datang ke Gangnam adalah untuk berkunjung ke Cheongdam-dong dan Sinsa-dong, untuk menikmati cafe-cafe trendy dan toko-toko fashion yang berada disekitar daerah tersebut. Sedangkan alasan mereka pergi ke daerah Apgujeong-dong tidak lain adalah untuk berkunjung ke klinik-klinik bedah plastik yang banyak tersedia disana. The Seoul Tourism Organization, sebuah perusahaan pariwisata yang dibuat oleh pemerintah kota Seoul, dalam sebuah survei yang dilakukannya menemukan bahwa hampir setengahnya atau 47 persen dari para wisatawan asing ini pergi ke bagian selatan kota untuk melihat-lihat daerah yang terkenal dengan  daerah yang banyak didatangi oleh para fashionista Korea, melakukan pemeriksaan kesehatan dan melakukan bedah kecantikan.
Latar belakang dari para wisatawan asing ini pun berbeda-beda. Mereka yang berkunjung ke daerah utara kota Seoul biasanya merupakan wisatawan yang baru pertama kali berwisata ke Korea dan mengikuti paket tour berkelompok. “Paket tour seperti ini biasanya telah termasuk dengan trip berkunjung ke area provinsi seperti pulau Jeju dan provinsi Gangwon, jadi renacana perjalanann mereka untuk di kota Seoul hanya di sekitar pusat kota dan bagian utara kota saja”, ujar pihak dari  Seoul Tourism Organization (STO). Hal ini kontras dengan pesona yang diberikan oleh bagian selatan kota Seoul bagi para wisatawan asing yang sebelumnya sudah pernah datang ke Korea, wisatawan asing yang masih berjiwa muda terbiasa dengan mengikuti trend terbaru, dan wisatawan yang datang untuk bisnis (misalnya pemilik butik pakaian dengan kiblat Korean style, atau pemilik toko merchandise korea) atau kesehatan (misalnya yang ingin melakukan pemeriksaan kesehatan atau bedah kecantikan).
Hana Tour mengatakan dengan semakin populernya kebudayaan pop Korea, banyak wisatawan asing yang tertarik untuk datang ke daerah Gangnam, dengan tujuan untuk datang ke tempat-tempat yang pernah dipakai untuk syuting drama atau film Korea serta pergi ke klinik dimana banyak artis atau penyanyi diberitakan pernah melakukan operasi bedah plastik disana.
Industri pariwisata saat ini sedikit mengalami perubahan, sekarang para wisatawan asing yang akan berkunjung ke Korea biasanya sebelum pergi ke Korea mereka mencari informasi terlebih dahulu melalui sosial media dan blog untuk mengetahui tempat-tempat menarik di Korea. “Kebanyakan para wisatawan Jepang melakukan pencarian di internet terlebih dahulu dan mengeksplor tempat-tempat yang tersembunyi di daerah Gangnam”, begitu kata pihak dari STO. Hana Tour mengatakan orang Jepang biasanya lebih detil dalam menceritakan liburan mereka, maka isi dari blog mereka sangat spesifik dan menitik beratkan, misalnya basanya mereka menyebutkan di satu restoran makana apa yang paling banyak disukai, dan hal-hal semacam itu.
Untuk mengikuti trend tersebut, pemerintah kota Seoul mengundang para blogger potensial dari Japan dan China untuk merasakan pariwisata di ibu kota Korea tersebut.
Tetapi menurut pihak travel agensi, hal ini masih membutuhkan banyak perbaikan. “Bagian selatan kota Seoul memiliki banyak tempat wisata, sama halnya dengan bagian utara kota, namun infrastruktur seperti pusat informasi untuk wisatawan dan pemandu wisata untuk daerah ini masih kurang”, begitu ujar pihak STO.
(A/N) Hwaaa… Gimana menurut kalian? Kalau kalian punya kesempatan untuk berwisata ke kota Seoul, tempat mana yang ini kalian kunjungi? :)
Source : Joongangdaily via Hancinema
Indo trans & Re-written by : missjutek@hallyucafe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar