Kamis, 10 Maret 2011

[JusForFun] Intermezzo: Golongan Darah dan Sifatnya

Menilik kepribadian orang lewat kepribadian sudah jadi kepercayaan tersendiri dalam masyarakat Korea dan Jepang sejak tahun 1920-an, dan tetap terkenal meski mitos itu sudah ditolak beberapa kali. Teori golongan darah dan kepribadian bisa dikatakan setara dengan cara pandang orang Barat terhadap zodiak.

Sama seperti zodiak yang mempengaruhi personaliti dan memprediksi hal-hal dalam hidup, begitu pula golongan darah di Korea dan Jepang. Ada banyak buku mengenai pekerjaan terbaik bagi tiap golongan darah, dan bagaimana golongan darah tersebut bereaksi dalam berbagai situasi berbeda, bahkan mengenai asmara antara golongan darah dan siapa yang paling cocok untuk tiap jenis.
Bahkan profil artis Korea dan Jepang juga menampilkan data golongan darah. Jika golongan darah tak ada, maka biodata dianggap tak lengkap. Inilah yang biasanya ditanya kepada teman baru, khususnya pada lawan jenis yang dianggap menarik. Dan orang Korea sendiri akan merasa aneh jika ada orang yang tidak mengetahui golongan darahnya.
Ilmuwan di Yonsei University pernah mengumumkan mereka baru saja menyelesaikan program riset kepribadian berdasarkan golongan darah. Berdasarkan 50 riset bermotifkan golongan darah dari mahasiswa lokal dan asing, mereka menambahkan laporan yang isinya sama dengan budaya populer yang sudah lebih dulu diketahui umum.
Ada hasil yang cukup mengejutkan. Orang dengan golongan darah B, yang terkenal di Korea dan Jepang memiliki kepribadian cukup buruk, kenyataannya memang seperti itu.
Golongan darah A adalah orang yang introvert, namun beralasan, stabil dan penuh pertimbangan. O adalah tipe yang terbuka dan stabil, punya jiwa kepemimpinan yang kuat. Tipe AB baik dan easy going. Sementara tipe B… nilai-nilainya kacau karena minus semua hehehe… tidak logis, labil, kurang jiwa kepemimpinan. Cerita asmara tentang golongan darah B dulu pernah difilmkan dengan judul ‘My Boyfriend is Type B’ yang dibintangi oleh Lee Dong Gun dan Han Ji Hye.
Tipe O:
Tipe O adalah orang yang suka keluar rumah dan suka bersosialisasi. Mereka penggagas, meski tidak selalu bisa menyelesaikan apa yang mereka mulai. Tipe O kreatif dan populer, suka jadi pusat perhatian dan tampil percaya diri.
Tipe A:
Dilihat dari luar adalah orang yang kalem, punya standar tinggi (perfeksionis) dan cenderung grogian di dalam hati mereka. Tipe A paling punya jiwa seni di antara golongan darah lain. Mereka bisa jadi pemalu, teliti, dapat dipercaya dan sensitif.
Tipe B:
Mereka punya tujuan dan berpikiran keras. Tipe ini akan memulai tugasnya terus sampai selesai dan dikerjakan dengan baik. B adalah orang yang individualis dan punya jalan hidup sendiri.
Tipe AB:
AB punya kepribadian macam-macam. Bisa jadi pemalu, percaya diri, dan pemalu. Mereka bertanggung jawab dan saking bertanggung jawabnya, bisa menyebabkan masalah. Tipe AB dapat dipercaya dan suka membantu.
Membagi kepribadian berdasarkan golongan darah adalah takhayul yang hanya populer di Korea dan Jepang. Tak masalah jika digunakan hanya untuk bersenang-senang, tapi akan bermasalah jika digunakan untuk menilai orang dengan cara yang salah. Ada baiknya postingan ini juga dianggap sebagai artikel untuk menyenangkan pembaca (selain jadi bahan iseng2), jangan terlalu berpatokan pada golongan darah karena sifat orang juga dipengaruhi oleh lingkungan dan kebudayaan :)
Nah untuk hari ini, kami membahas segitu dulu. Besok akan kami bahas satu per satu golongan darah B, O, AB dan A. Jadi tetep di HC ya :)
Source: globalvoiceonline, hubpages, elyanigunadi
Picture: farm3@flickr, bienvenue-chezmoi.blogspot
Re-written, re-composed, translated by Alois ★ あずゆ & y♥ssy from Hallyu Cafe
Dilarang repost tanpa seizin author Hallyu Cafe. Gomawoyo ^^~

Intermezzo: Golongan Darah dan Sifatnya (Tipe A)


Perfeksionis A

Golongan darah A adalah sang pemimpi yang romantis.
Orang yang sensitif. Gampang terluka bahkan hanya gara-gara masalah sepele. Golongan darah A berpikir dengan cara sendiri, menginterpretasikannya, dan akhirnya kadang suka salah paham. Namun dengan menyembunyikan pikiran pribadinya, dia akan terlihat sebagai orang yang baik yang memikirkan orang lain dan peduli pada sesama. A menyukai suasana romantis, lupa kenyataan, dan tenggelam dalam dunia fantasi, namun juga perfeksionis yang keras kepala.
Sikapnya lembut, tapi dalam mengambil keputusan nampak tegas. Suka mengalah dan ringan tangan. Suka membantu siapa saja yang sedang dilanda kesusahan. Sekalipun orang yang ditolongnya baru pertama kali dijumpainya, alias belum dikenal. Bahkan terkadang sifat sosialnya itu agak diluar batas kewajaran sebagai manusia. Orang punya golongan darah A termasuk yang tidak mudah emosi.
Meskipun perasaannya sebenarnya tersinggung, tapi tidak diperlihatkannya. Kecuali jika dianggapnya sudah keterlaluan, emosinya bisa tidak terkendali. Pada umumnya orang yang memiliki golongan darah A sedikit pemalu. Itu sebabnya untuk bisa masuk lingkungan pergaulan butuh waktu beradaptasi cukup lama.
Golongan darah A yang disebut si pengolah tanah yang memiliki karakter sensitif, perfeksionis, konsisten, kooperatif, teratur, rapi, dan teliti. Sayang katanya karakter ini tidak berani mengambil resiko, mudah tersinggung dan cepat tersudut bila ketelitian dan keteraturannya terusik.
Golongan darah A menurut Primbon Jawa:
1. Biasanya orang yang bergolongan darah A ini berkepala dingin, serius, sabar dan kalem atau cool, bahasa kerennya.
2. Orang yang bergolongan darah A ini mempunyai karakter yang tegas, bisa di andalkan dan dipercaya namun keras kepala.
3. Sebelum melakukan sesuatu mereka memikirkannya terlebih dahulu. Dan merencanakan segala sesuatunya secara matang. Mereka mengerjakan segalanya dengan sungguh-sungguh dan secara konsisten.
4. Mereka berusaha membuat diri mereka se wajar dan ideal mungkin.
5. Mereka bisa kelihatan menyendiri dan jauh dari orang-orang.
6. Mereka mencoba menekan perasaan mereka dan karena sering melakukannya mereka terlihat tegar. Meskipun sebenarnya mereka mempunya sisi yang lembek seperti gugup dan lain sebagainya.
7. Mereka cenderung keras terhadap orang-orang yang tidak sependapat. Makanya mereka cenderung berada di sekitar orang-orang yang ber’temperamen’ sama.
Kelebihan: konservatif, introvert, pendiam, sabar, tepat waktu, terorganisir, konsisten, jiwa kerja-sama tinggi.
Sifat buruk: obsesif, keras kepala, sadar diri dan mudah tegang, cemas (karena perfeksionis) yangg kadang bikin orang mudah sebel
Kecenderungan politik: “destra”
Penyakit yang mudah menyerang: stres, majenun/linglung
Saran untuk kesehatan: karena terlalu perfeksionis maka nyantailah sekali-kali, gak usah terlalu tegang dan serius.
Makanan yang cocok adalah hasil-hasil pertanian. Sayur,palawija, dll.
Tipe A kabarnya paling cocok jadi MC karena mereka adalah planner berjalan.
Contoh seleb yang bergolongan darah A:
Super Junior Leeteuk, yang mengasihi orang lain dan mudah menangis.
Super Junior Donghae, jika dia terluka atau mengingat sesuatu yang sedih dia akan menangis.
TVXQ Yunho, meskipun perasaan sebenarnya tersinggung, tapi tidak diperlihatkannya. Dia terlihat baik contohnya saat dia disakiti oleh antisnya tapi dia memaafkan antisnya.
Seleb lain:
FT Island: Choi Jong Hun, Lee Jae Jin, Choi Min Hwan
BIGBANG: Seungri, G-Dragon, Daesung
MBLAQ: semua membernya hehehe
After School: Nana dan Lizzy
4Minute: Nam Ji Hyun
KARA: Jiyoung
T-ara: Boram
2NE1: Sandara Park
Jang Geun Suk
Super Junior: Sungmin, Kyuhyun, Kibum
SNSD: Seohyun
2AM: Jokwon, Jinwoon
U-Kiss: Soo Hyun, Kiseob
CNBLUE: Yonghwa, Minhyuk
Wonder Girls: Ye-eun
2PM: Junsu, Junho
SS501: Kim Kyu Jong
Source: globalvoiceonline, hubpages, elyanigunadi and others
Pictures: justanotherpart.blogspot
Re-written, re-composed, translated by y♥ssy & Alois ★ あずゆ from Hallyu Cafe
Dilarang repost tanpa seizin author Hallyu Cafe. Gomawoyo ^^~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar