Rabu, 22 Desember 2010

[News/Trans] Yunho & Changmin – “Karena Kami TVXQ”

Wawancara Yunho dan Changmin di majalah GINGER..
Bagaimana tahun ini bagimu?

Yunho: “Tahun ini, aku anggap sebagai titik balik. Melalui drama musikalku, drama televisi, dan kegiatan individu lain, aku bisa mendapatkan berbagai pengalaman yang berbeda. Aku melihat ke belakang dan melihat seperti apa aku di masa lalu. Yang paling penting, tahun ini memungkinkan aku untuk tumbuh menjadi lebih dewasa. Apa yang paling berubah adalah bahwa apa pun yang akan ku hadapi, aku harus memiliki pola pikir bahwa ‘aku harus mengambil jalan ini’. Walaupun itu sampai ke titik di mana aku tidak bisa bercanda untuk bersenang-senang, aku harus bekerja keras sekarang. Itulah sebabnya aku pikir aku bisa melihat hal-hal melalui sudut pandang obyektif.”
Sejak debut, jadwalmu sangat sibuk sehingga memungkinkanmu untuk fokus pada musik yang kamu cintai. Bila kamu dipaksa untuk meninggalkan gaya hidup itu, apa yang ada di pikiranmu?
Yunho: “Sungguh, karakterku saat bermain dalam drama korea ‘Heading To The Ground’ selalu mendukungku dan membantuku melewati masa-masa terberat. Kalau itu aku, mungkin aku akan menyerah. Mengatasi cobaan berat begitu banyak dan jatuh bangun selama proses tersebut, karakter Bong Gun mulai menjadi guru dalam hidupku. Keberaniannya telah memberiku banyak kekuatan besar, sehingga tidak berlebihan untuk mengatakan bahwa aku bekerja keras karena dia. Selain itu, dalam musik, aku bisa bernyanyi, sehingga menurutku, itu juga bisa dihitung sebagai sinar harapan.”
Bagaimana dengan Anda Changmin?
Changmin: “Selama pertengahan pertama tahun ini, aku bekerja keras untuk akting di drama televisi. Seperti Yunho, itu juga merupakan waktu bagiku untuk meninjau kehidupanku sendiri. Setelah aku berpikir tentang hal ini, itu adalah hal yang baik. Sejak debut kami, TVXQ adalah segalanya, tapi aku hanya memikirkan hal-hal itu sebagai salah satu dari lima member TVXQ. Karena aku punya kesempatan untuk mencoba kegiatan sendiri, aku mulai menyadari tanggung jawab untuk menyelesaikan segala sesuatu dari awal sampai akhir dengan sempurna sebagai artis individu. Tahun ini merupakan tahun penentuan bagiku. “
Yunho telah bernyanyi dalam musikal. Apakah kamu mendapatkan kesempatan untuk menyanyi juga?
Changmin: “Aku melanjutkan pelajaran vokalku, dan kadang-kadang aku pergi karaoke-an dengan anggota staf. Tapi jujur, aku masih merasa cemas dan khawatir. Ada waktu ketika aku ingin melakukan ini atau melakukan itu, tapi aku tidak bisa melakukannya sesuai dengan apa yang kuinginkan, sehingga itu membuatku tertekan dan aku tidak bisa menekan perasaan marah dan frustrasi. Itu pasti akan menjadi lebih baik jika sesuatu itu dihasilkan dari tindakanku sendiri, tapi karena aku tidak bisa keberatan, aku tidak dapat sepenuhnya memahami apa yang sedang terjadi. Tapi, itu sudah terjadi, dan bahkan jika aku tidak memahaminya, aku tidak punya pilihan. Mengumpulkan terlalu banyak stres dan tekanan selama bertahun-tahun dapat membuatku meledak, jadi aku ingin dapat memiliki kesempatan untuk mengubah temperamenku untuk menjadi lebih baik. Tapi kepribadian yang telah sama selama 20 tahun ini sulit untuk diubah.” (tertawa)
Bagaimana rasanya ketika hanya kalian berdua yang berdiri di atas panggung?
Yunho: “Ketika kami memutuskan untuk menggunakan nama TVXQ untuk menyanyi, hati kami sangat bingung. Pada hari pertama di Seoul, ketika kami berdiri di atas panggung, banyak yang bertepuk tangan dan berteriak menyambut kami, yang membuatku sangat memahami bahwa ‘ada orang-orang yang menunggu kami. Aku hanya bisa terus hidup ketika aku berdiri di atas panggung ‘. Pikiran ini mulai keluar pada saat itu, dan aku tahu bahwa aku bisa berdiri lagi.. “
Changmin: “Aku benar-benar sangat senang. Tapi, ketika saatnya bagi kami untuk tampil, aku akan mulai gugup dan orang di sekitarku akan dengan mudah tahu. Tanpa sadar, aku mulai minum kopi (tertawa). Ini adalah pertama kalinya dalam hidupku bahwa aku merasa begitu gugup. Staf pasti sudah berpikir, “Apakah kalian berdua akan baik-baik saja?” Dibandingkan dengan penampilan luarku, aku memiliki tekanan batin di dalam diriku. Ketika Yunho dan aku diam-diam memandang mata satu sama lain, kami mengangguk secara bersamaan dan berteriak ‘Ayo kita pergi!’ masih sangat terukir dalam pikiranku.”
Yunho: “Kami mendukung satu sama lain di belakang panggung, mengatakan hal-hal seperti dan “Kita adalah TVXQ. Kita harus menunjukkan kepada semua orang mengapa TVXQ itu begitu kuat!”. Kami ingin orang melihat daya tarik yang unik dari kami, dan kami berbeda dengan artis lain.”
Dikatakan bahwa ada isu yang mengatakan “Ini masih belum saatnya TVXQ, kan?” yang menimbulkan keributan dan membuat kalian muncul lebih awal dari yang direncanakan?
Yunho: “Ini benar-benar suatu kekuatan, jadi kami harus melakukan yang terbaik sebagai balasannya. Bahkan setelah kami pergi, teriakan nama TVXQ tidak pernah hilang. Kejadian ini telah ku simpan dalam hati. Pada hari itu, tidak ada yang bisa menghentikan langkah kaki kami, karena kami adalah TVXQ. “
Changmin: “Selama latihan, kami terus mengatakan pada diri kami sendiri ‘Ini akan baik-baik saja, kita bisa melakukannya!” Tapi jujur, aku tidak tahu apakah aku benar-benar percaya pada diriku sendiri. Namun, ketika aku berdiri di panggung itu, aku mulai benar-benar percaya bahwa ‘Ini akan baik-baik saja, lakukanlah itu!’ Tentu saja, masih ada lebih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan kami yang lebih tinggi.”
Kalian terus memperlihatkan peningkatan selama tahun-tahun ini, dapatkah kami berharap untuk melihat karisma baru dari kalian berdua?
Yunho: “Ya! Entah itu menyanyi atau menari, Changmin akan belajar dari kemampuan yang kumiliki, dan aku juga akan belajar darinya. Sama seperti anak kembar, kami menyerap hal-hal dari satu sama lain yang membuat kami untuk terus-menerus memperbaikinya.”
Changmin: “Sampai sekarang, meskipun kami menghabiskan waktu untuk pergi ke kelas dan rekaman, aku tidak 100% puas dengan hal itu. Setelah memutuskan bahwa kami berdua akan mulai dari awal bersama-sama, perasaan telah menjadi lebih intens. Tetapi tidak selalu berarti buruk, karena bisa bernyanyi adalah kebahagiaan dalam diri kami, dan menghadapi perasaan memulai musik baru memungkinkanku untuk mengubah pendapat pribadi dan pandanganku tentang hal-hal tertentu. “
Yunho: “Yang paling penting adalah kombinasi dari suara kami. Dulu, kami menjadi bagian vokal tertinggi dan terendah, jadi apakah kami bisa menyatukannya? Sulit menghadapi hal ini, tapi aku mulai fokus pada suaraku yang maskulin, dan Changmin mulai fokus pada suara yang lebih halus. Memang tidak mudah, tetapi kenyataannya keluar dengan hasil yang lebih bagus dari apa yang kita bayangkan.”
Changmin: “Aku selalu berpikir bahwa suaraku benar-benar kompatibel dengan Yunho (tertawa). Kami masih mempertahankan kualitas musik khasTVXQ, tetapi juga disajikan dengan keunikan dari karakteristik kami sendiri. Aku merasa sangat lega dengan hasilnya. “
Yunho: “Aku pikir panggung SMTown telah membuktikan bahwa kesulitan bisa diatasi dengan tidak pernah menyerah. Tentu saja, pesan seperti ‘Kalian dapat melakukannya, kami menunggumu’ telah mendorong kami. Untuk membayar kembali cinta dari para penggemar, kami perlu untuk kembali ke awal dan mulai lagi sebagai pemula.”

Source: [baidutvxq]
Translation credits: Supernike911@tohosomnia.net
Shared by: tohosomnia.net
Indo-trans: pinkrazy.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar