Minggu, 10 April 2011

Fenomena ALLKPOP di Dunia K-Pop

Beberapa hari yang lalu saya sudah memposting Soompi.com Shows Hallyu Where To Go sejarah Soompi dari lahir hingga sekarang. Dan rasanya sedikit tak adil jika ALLKPOP tidak ikut serta dibahas disini. Daniel Matthewsdari korean-content.com menguraikan sedikit tentang fenomena ALLKPOP di dunia K-POP ini. Berikut adalah ulasannya.

Bagaimana website Pop Korea ( yang lebih dikenal dengan K-Pop) menjadi trending topic di twitter? Dan tidak hanya di Korea, tapi di seluruh dunia. Bagaimana website yang sama mendapatkan “Must –Follow Brand” di Mashable Awards tahun ini. Khususnya ketika Mashable yang merupakan website nomor satu di planet ini untuk ‘new media breaking news’ tak memiliki kegiatan apapun yang menyangkut budaya Korea. Ini adalah hal yang sangat menakjubkan bagiku. Benar. Bahwa website muda (mungkin tak muda di tahun internet) ini tumbuh tak hanya menjadi blog K-Pop berbahasa inggris paling sibuk nomor satu di dunia, tapi menjadi blog tersibuk selama PERIODE.
Mungkin aku telah menyesatkan anda. Blog ini mungkin mulai terdengar seperti sejarah singkat dan tentang penomena website yang dikenal sebagai ALLKPOP. Sebenarnya ini sedikit lebih dari itu (walaupun kita sedikit mendapatkan informasi background). Postingan ini untuk menunjukkan yang terpenting dari ALLKPOP, dan sebenarnya Budaya Pop Korea secara umum, dan apa artinya ini bagi Budaya Pop Amerika. Kita akan memulai sedikit dengan sejarah. ALLKPOP telah lahir sejak 2007 dan pada 3 tahun terakhir telah meraih 3 juta pembaca dunia dalam sebulan (ALLKPOP.com). Menyampaikan gossip, breaking news dan liputan eksklusif dari para bintang K-Pop, tapi juga dikenal menyampaikan berita tentang budaya pop Korea-Amerika dan Asia-Amerika. Kurasa ini seperti versi Koreanya PerezHilton.com. Sedikit sarkastik, sedikit menyampah, tapi berpengaruh kuat.
Dan KEKUATAN adalah kata kuncinya. Mari mengunjungi kembali bagaimana ALLKPOP memenangkan “Must Follow Brand” di Mashable Awards pada tahun yang lalu. Diluar semua brand yang dengan kreatifnya memanfaatkan media sosial (termasuk brand konsumen Amerika yang sudah mapan) yang bisa saja menang, tapi awards diberikan pada ALLKPOP. Mungkin sangat mengejutkan mereka sendiri, tapi mari mencatat hal ini: Group Pop Korea Super Junior memenangkan “Must-Follow Personality” dan “Best Web Video” dimenangkan oleh superstar Pop Korea Jay Park. Jumlah yang sedikit tidak biasa bagi kehadiran Korea. Atau memang iya?
Komunitas K-Pop memiliki komunitas yang luar biasa loyal. Sebuah komunitas sangat berbakti bahwa mereka sebenernya dapat membuat seluruh industri memeperhitungkan kekuatan yang mereka miliki. Aku tak mau menyatakan fakta bahwa pembaca Mashable mungkin tak menyadari Super Junior sebelum awards diberikan –TAPI- aku merasa sangat percaya diri bahwa sekarang mereka telah menang, seluruh penonton saat ini akan memberikan perhatian terhadap “Must _Follow Personality.” Ini sangat berharga untuk mefokuskan pada pentingnya kemenangan-kemenangan ini. Ini akan membuat (atau telah membuat) perusahaan-perusahaan yang yang tipikalnya tidak familiar dengan penonton Asia-Amerika (atau penonton K-Pop) memperhitungkan komunitas mantap ini. Ini berarti lebih banyak uang yang dihabiskan untuk pemasaran,lebih banyak wajah-wajah Asia dalam kampanye, dan akhirnya lebih lagi pengakuan terhadap tipe bakat ini. Antusias populasi K-Pop ini jelas membuktikan bahwa mereka interaktif, loyal dan media –cerdas untuk lebih dikenal. Dan jika ini terus berlanjut seperti ini – ini akan terus membawa Budaya Populer Korea kehadapan Budaya Amerika.
Sumber: Daniel Matthews dari korean-content.com 
Indo Trans: StalkingHero@hallyucafe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar